Sabtu, 15 Oktober 2011

Kesehatan dari Coklat

Coklat adalah makanan yang paling banyak disukai dari berbagai usia, terutama anak- anak. Banyak anak-anak yang menyukai coklat, tetapi banyak juga orang tua yang cemas terhadap anak-anaknya yang sangat menyukai coklat. Memang tidak dipungkiri coklat banyak mengandung gula yang dapat menyebabkan diabetes jika terlalu banyak mengkonsumsinya, tetapi tidak dipungkiri juga bahwa coklat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.


Coklat kaya akan antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan dapat memperpanjang umur seseorang. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard pada tahun 1916-1950 membuktikan bahwa seseorang yang memakan coklat umurnya akan lebih panjang satu tahun daripada orang yang tidak memakannya. Ternyata antioksidan fenol yang terdapat di dalam coklatlah yang menyebabkan umur seseorang lebih panjang.


Selain itu, coklat juga mengandung flavonoid, terutama pada dark chocolate, yang dapat menjaga kesehatan kulit kita dari paparan sinar UV dan kanker kulit. Para  peneliti dari German Wilhelm Stahl membuat penelitian tentang flavonoid ini, mereka melibatkan 24 wanita yang menambahkan cocoa pada sarapan mereka selama tiga bulan. Setengah dari para sukarelawan meminum cocoa panas yang banyak mengandung flavonoid dan yang setengahnya meminum cocoa panas yang rendah flavonoid.


Setelah tiga bulan, para wanita diuji dengan memaparkan sinar UV pada kulit mereka. Hasilnya kulit wanita yang meminum cocoa yang banyak mengandung flavonoid tidak semerah dan lebih lembab dibandingkan dengan kulit wanita yang meminum cocoa rendah flavonoid. Lebih lanjut, kulit wanita yang meminum dosis flavonoid yang lebih banyak menjadi 16% lebih padat, 11% tebal, 13% lebih lembab, 13% lebih lembut, dan 42% tidak bersisik dibandingkan saat penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar